LDKS SMA Labschool Unesa Tanamkan Karakter Pemimpin yang Beriman dan Berintegritas

 

Kepemimpinan merupakan suatu kiat atau kewibawaan yang mampu menggerakan orang lain, baik secara perorangan maupun kelompok di dalam suatu organisasi sehingga menimbulkan kemauan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu dalam mencapai tujuan organisasi.Kepemimpinan meliputi berbagai dimensi, dan berfungsi sebagai salah satu  piranti penggerak atau motivator sumber daya yang ada dalam organisasi, sehingga peran kepemimpinan diharapkan mampu mendinamisasikan organisasi dalam  mencapai tujuan.

Demikian pula dengan kepengurusan OSIS yang berperan sebagai salah satu jalur pembinaan siswa harus mampu mewujudkan tugas pokok dan fungsinya, kemauan dan kemampuan para pelaku kepemimpinan OSIS hanya dapat berperan dengan sebaik-baiknya apabila secara teratur, terencana dan berkesinambungan dilaksanakan pembinaan dan pengembangan bagi para pelaku kepemimpinan tersebut. “Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa” bagi pengurus OSIS merupakan salah satu jalur pembinaan generasi muda yang difokuskan pada kompetensi individu dimana kader-kader penerus bangsa bukan hanya sebagai slogan “Pemuda Harapan Bangsa”.

Hasil yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan pelatihan dasar kepemimpinan bagi pengurus OSIS SMA LABSCHOOL UNESA, adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
  • Meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kepribadian peserta didik sebagai calon pemimpin, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi kepemimpinannya dengan baik.
  • Peserta didik mempunyai kemampuan mengemukakan konsep dan gagasan serta dapat menerapkannya demi kemajuan organisasi dengan menerapkan prinsip KIS (koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi).
  • Peserta didik memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan kecerdasan kinestesis.
  • Meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan.
  • Meningkatkan kemampuan berganisasi dan kesadaran berpolitik sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab.
  • Meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam tugas-tugas kepemimpinan.
  • Memberikan kesempatan belajar bagi peserta didik.
  • Mendorong, mendidik serta mengarahkan potensi kepeminpinan.
  • Menumbuhkan, meningkatkan dan memantapkan  kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara khususnya generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa.
  • Memberikan tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku, kepribadian, budi pekerti, sopan santun, dan disiplin.

 

Dalam rangka menanamkan karakter jiwa kepemimpinan yang beriman dan berintegritas, SMA Labchool Unesa Lidah Wetan menyelenggarakan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan) di Villa Gloria Pacet Mojokerto.
 

“Kegiatan LDKS ini meliputi out bond, water rescue, rapling, bina mental dan renungan malam dan yang tak kalah penting adalah materi simulasi penyelamatan diri dari gempa, LDKS kali ini diharapkan mampu menumbuhkan sikap mandiri, setia kawan, dan memupuk jiwa religius yang tinggi.

“Dan komitmen kami sebagai pihak sekolah berupaya membentuk karakter siswa yang tanggap, tangguh, dan trengginas,”