Siswa SMP Lab School Unesa mengikuti Surabaya Young Scientists Competition 2018

SURABAYA- Surabaya Young Scientists Competition 2018 atau yang lebih dikenal sebagai lomba peneliti belia diikuti oleh 928 pelajar SMP se-Surabaya. Lomba peneliti belia ini terbagi menjadi tiga kategori, yaitu kategori komputer sebanyak 112 siswa dengan 59 penelitian, matematika 88 peserta dengan 45 penelitian, fisika 77 siswa dengan 41 penelitian, environmental science 181 peserta dengan 94 penelitian. Acara ini diadakan pada hari Kamis, 4 Oktober 2018, di Gedung Wanita Kencana, Jalan Kalibokor Selatan 2, Surabaya. Dalam acara tersebut, turut hadir Kepala Dispendik Surabaya, M. Iksan, kepala SMP, guru pembimbing, serta peserta lomba.

 Tahun ini merupakan tahun pertama SMP Labschool Unesa berpartisipasi dalam acara tersebut. Acara lomba peneliti belia secara resmi dibuka oleh Trirismaharini sebagai Ibu Walikota Surabaya. Bu Risma dalam sambutannya memberikan motivasi kepada para peneliti belia dengan segenap hati beliau layaknya seorang ibu kepada anak-anaknya. Walikota Surabaya tersebut mengingatkan juga bahwa tantangan anak-anak Surabaya ke depan bukan hanya tingkat nasional melainkan internasional. “Karena pada 2020 nanti, akan ada era keterbukaan dunia yang harus dihadapi,” ujar Bu Risma saat membuka Surabaya Young Scientists Competition 2018 di Gedung Wanita Kalibokor, Surabaya, Kamis (4/10). Bu Risma juga mengimbau kepada orang tua, guru, kepala sekolah, serta Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya untuk terus membimbing dan memberi motivasi kepada pelajar. Hal tersebut diharapkan agar nanti anak-anak tersebut mau menjadi seorang peneliti yang penuh  inovasi, optimis, dan percaya diri. Selain itu, anak-anak Surabaya diharapkan dapat bersaing di era global. “Karena itu, mari kita terus dorong anak-anak ini. Mari kita tinggalkan hal-hal yang bersifat negatif, supaya waktu kita lebih bermanfaat,” tegas walikota perempuan pertama di Kota Pahlawan tersebut. Motivasi dari Ibu Walikota Surabaya yang telah banyak meraih penghargaan tersebut tentu sangat membekas dalam dibenak siswa-siswa SMP Labschool Unesa yang baru pertama kali mengikuti lomba peneliti belia ini.

Puncak acara lomba peneliti belia ini adalah sesi penilaian oleh juri masing-masing kategori. Sesi inilah yang sangat ditunggu-tunggu oleh para peserta lomba peneliti belia. Masing-masing kategori dinilai oleh tiga juri yang berkeliling ke stan-stan poster para peserta lomba. Setelah sesi penilaian selesai, para peserta baru boleh pulang. Pengumuman pemenang akan diinformasikan lebih lanjut serta akan diumumkan melalui website Dispendik Surabaya.