The Journey Of SMA Labschool UNESA

 

Kegiatan Tengah Semester (KTS) merupakan agenda rutin yang diadakan tiap tahun dan merupakan bagian dari proses pembelajaran. KTS direncanakan dan dilaksanakan oleh sekolah. Ketentuan ini dapat dipaham sebagai bentuk otonomi sekolah (manajemen berbasis sekolah). Dalam UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 51 ayat (1) disebutkan, “Pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dilaksanakan bedasarkan standar pelayanan minimal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah/ madrasah.” Maka sekolah yang kondusif akan melaksanakan KTS dengan program yang sesuai dengan visi dan misi sekolah. Melalui kerja sama dengan komite sekolah sebagai stake holder maka diharapkan KTS akan membawa dampak positif bagi seluruh peserta.

Pada pelaksanaan KTS siswa akan belajar langsung dengan mengetahui sumber belajar secara nyata dan tidak hanya mendengar atau melihat saja. Guru pada kegiatan KTS ini selain mendampingi juga mengarahkan dan memberi masukan apa yang ingin diketahui oleh siswa. Banyak sekali manfaat KTS bagi siswa maupun guru pendamping salah satunya adalah bertambahnya wawasan, pengetahuan serta kedekatan emosional satu sama lain yang diharapkan dapat berlanjut pada kegiatan pembelajaran di sekolah.

Kegiatan tengah semester dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Januari  sampai dengan hari Sabtu, 19 Januari 2019 di Desa Gendro, Kecamatan Tutur, Nongko Jajar, Pasuruan.